Khasiat dan Manfaat Tomat

Share

Khasiat dan Manfaat TomatTomat, adalah tanaman yang paling mudah dijumpai. Warnanya yang cerah sungguh menarik. Selain kaya vitamin C dan A, tomat konon dapat mengobati bermacam penyakit.

Kalau dirunut sejarahnya, tomat atau Lyopercisum esculentum pada mulanya ditemukan di sekitar Peru, Ekuador dan Bolivia. Di Prancis, tomat dinamakan ‘apel cinta’ atau pomme d’amour. Dikatakan sebagai apel cinta, karena tomat diyakini mampu memulihkan lemah syahwat dan meningkatkan jumlah sperma serta menambah kegesitan gerakannya.

Tomat juga banyak digunakan untuk masakan, seperti sup, jus, pasta, dllnya. Rasanya yang sedikit asam bahkan membuat selera makan meningkat. Lebih jauh menurut penelitian DR. John Cook Bennet dari Wiloughby University, Ohio, sebagai orang pertama yang meneliti manfaat tomat, pada November 1834, menunjukkan bahwa tomat dapat mengobati diare, serangan empedu,gangguan pencernaan dan memulihkan fungsi lever. Peneliti lain dari Rowett Research Institute di Aberdeen, Skotlandia, juga berhasil menemukan manfaat tomat lainnya. Menurutnya, gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Tomat, semakin merah semakin banyak khasiatnya.Hal ini juga diakui oleh dokter gizi, Dr. Leane Suniar Manurung, MSc. Melihat khasiat tomat begitu banyak, maka tomat baik dikonsumsi siapapun sejak usia dini. “Apalagi tomat juga timggi kandungan vitamin C dan vitamin A, yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.” Tapi tomat seperti apa yang baik dikonsumsi? Jika melihat dipasaran, kita bisa menemukan tomat dengan dua warna, yakni warna merah dan hijau. Perbedaan warna ini menunjukan kandungan vitaminnya. Menurut Leane, tomat yang baik dikonsumsi adalah tomat merah. Tomat berwarna merah mengandung vitamin C dan vitamin A lima kali lebih banyak dibandingkan dengan tomat hijau. Semakin matang tomat, semakin kaya kandungan vitaminnya. “Karena itu anak kecil sebaiknya dibiasakan banyak makan tomat merah. Ini penting untuk kesehatan matanya,” ujar Leane. Jadi, tak pelu ragu memberi si kecil tomat. Sejak usia 6 bulan, seorang anak mulai dibiasakan memakan tomat yang dicampur dengan sayuran lainnya.

Menghancurkan Radikal Bebas

Dalam pigmen warna merah pada tomat, mempunyai nilai lebih lainnya. Warna merah pada tomat lebih banyak mengandung lycopene, yaitu suatu zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi dan sinar ultraviolet. Selain itu, belakangan diketahui lycopene juga berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas. “Memang lycopene tidak hanya ditemukan pada tomat, tetapi juga pada anggur merah, semangka dan pepaya. Namun, lycopene yang paling banyak terdapat pada tomat.” terang Leane.

Untuk mendapat khasiatnya, terutama untuk orang dewasa, lanjut Leane tomat sebaiknya dimakan setiap pagi sebanyak satu atau dua buah. Rasa asam pada tomat berasal dari kandungan asam sitrat menyebabkan tomat terasa segar, sehingga dapat menambah nafsu makan. Rasa asam ini sangat baik dokonsumsi saat kita mengalami mual atau dikonsumsi oleh para wanita yang mengalami PMS (Pre Menstrual Syndrome). Jika tak kuat dengan rasa masamnya, terutama untuk yang yang memiliki penyakit maag, Leane tak menyarankan mengkonsumsinya walapun dalam bentuk jus yang sudah ditambah gula, sebab akanmemperburuk kondisi penyakit.

Diolah, Menjadi Lebih Baik

segarnya buah tomatBerbeda dengan sayuran lainnya yang lebih bermanfaat jika dimakan mentah-mentah, ternyata tomat lebih baik dicampur dengan masakan atau dihancurkan sebelum dimakan. Para peneliti menemukan lycopene yang dikeluarkan pada tomat tersebut lebih banyak dibandingkan dengan tomat yang langsung dimakan tanpa diolah terlebih dahulu. Sayangnya, meskipun kandungan lycopennya berlimpah, pasta tomat dan saus tomat yang dijual dipasaran sudah banyak dibubuhi bahan tambahan makanan seperti pewarna atau pengawet sintetis. Bahan tambahan ini justru merangsang munculnya banyak radikal bebas yang memicu kanker.

Manfaat Tomat :

  • Membantu menurunkan resiko gangguan jantung.
  • Menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan.
  • Menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara dan endometrium.
  • Memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia (age-related macular degeneration).
  • Mengurangi resiko radang usus buntu.
  • Membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar.
  • Menghilangkan jerawat.
  • Mengobati diare.
  • Meningkatkan jumlah sperma pada pria.
  • Memulihkan fungsi lever.
  • Mengatasi kegemukan.

– – – – – – – – –

Sudahkah kita konsumsi tomat hari ini …?
– – – – – – – – –

Sumber :

http://mumtazanas.wordpress.com/2007/05/29/tomat-obat-berbagai-penyakit/

Halaman ini dikunjungi dengan kata kunci (keywords):

~ tomat ~ manfaat tomat ~ khasiat tomat ~ Manfaat buah tomat ~ khasiat buah tomat ~ manfaat tanaman tomat ~ gambar tomat ~ cara menembemkan pipi ~ kasiat tomat ~ kasiat buah tomat ~ tanaman tomat ~ fungsi buah tomat ~ yhs-0001 ~ tomat mengandung vitamin apa ~ tomat mengandung vitamin ~ yhs-fullyhosted_003 ~ fungsi tomat ~ khasiat ~ kandungan buah tomat ~ manfaat tomat cherry ~ vitamin tomat ~ buah tomat ~ manfaat jus tomat ~ tomat dan manfaatnya ~ tomat dan khasiatnya ~ pengertian buah tomat ~ khasiat tomato cherry ~ manfaat sayur tomat ~ yhs-default ~ tomat mengandung ~ kegunaan buah tomat ~ pengertian tanaman tomat ~ khasiat tanaman tomat ~ manfaat dan khasiat tomat ~ tomat vitamin apa ~ manfaat juice tomat

Artikel Terkait:

  • Tidak Ada Artikel Terkait

Anda suka & terbantu dengan artikel ini ?

Jika berkenan.., Anda boleh kirim donasi untuk IwanUdin
Yang penting IKLHAS.. Bisa dengan Kartu Kredit loh..

[klik Donate]
  1. Sukma |

    makasih,,artikelnya bagus,,dah mbantu pembuatan makalah Q,,

    • iwanudin |

      waoww.. makalah..

      sama sama bu Sukma…
      makasih juga dah mampir dimari..

  2. Nadiri |

    ijin kopy ya utk blog saya di k-4-s.info
    Blog K4S
    tks.

    • iwanudin |

      oh ya, silakan.., yg penting jgn lupa kasih tambahan catatan sumbernya dr mana ..

  3. lina |

    makacii buat infonya, sangad membantu buat tambahan review saya..
    :D

    • iwanudin |

      you’re welcome miss lina,
      makasih juga dah mampir yahh…

    • Yudi sukenji |

      Wah ternyata tomat banyak juga mampaatnya apalagi untuk peria,saya sangat suka banget tuh ama tomat pantesan setiap makan tomat ada aja permintaan???

  4. ayume |

    mkci ya,.
    bantu Q bgTz sbGai bhan TA(Tugas Akhir) d Schol.
    THank’s a lot. . . .

    • iwanudin |

      sama-sama jeng Ayume…
      sukses yah buat tugasnya ..

  5. rezky |

    makasih ya.sangat membantu….

    tp tlng dilengkapi ya………………

    jgn gini terus,bisabisa kita bosan lagi……..

  6. ahmad |

    mantap x la tuk menjaga diri dr kesehatan, ternyata nafsu makan juga tuh…
    wah boleh d coba kembali ne./….

    • iwanudin |

      betul… mari ngemil tomat.

  7. ayu |

    thanks bngt ya,,,
    atas infonya,,,
    aku pengen ngilangin jerawat aku ne,
    dengan cara dikonsumsi ajj,
    atw ada cara lain..?
    thanks ya..

    • cherly cipasn |

      yang bener nie……. q mau ngehilangin jerawat aku nie.. tapi bisa gak kalo cuma d gosok2 aja di seluh wajah????

    • iwanudin |

      waahh…
      bagusnya tuh mencegah drpd ngobatin..
      dicegah aja biar jerawatnya nggak ada.

      makanan sehat, teratur dan proporsional serta hindari stress.. ;)

  8. iroh ahzam |

    makasih atas info manfaat tomat ,Alhamdulilah aku & kembaran setelah tahu mannfaat tomat jadi rajin mengkonsumsi buah tomat

  9. awpermana |

    terima kasih artikelnya.
    minta izin saya jadikan link.
    terima kasih.

  10. kio |

    thanx bgtz infox
    srnx nti quw c0ba deh….!!

  11. baedah |

    Terima kasih ya dah muat tentang tomat, qu jadi gampang deh ngerjaintugas skuulah.

  12. Indah |

    Tomat bsa dbuat jadi pa ea biar bsa bih ekonomis gt….

  13. dara |

    wah,,makasih infonya,,ijin copas ya….

  14. syaiful a |

    makasih bwat artikelN,..
    top deh,..hhuhu

  15. syaiful a |

    mkasih bwt artikelN,..
    top deh,..

  16. syaiful a |

    mkasih bwat artkeln,..
    top deh,..

  17. danieshia |

    wah….. ternyata manfaat tomat banyak juga

    jadi pengen nech nyobain buah tomatnya
    he he he he he he he

  18. daank |

    artikelnua sangat bagus..cuma saya mau nanya..model tomat bagaimana yang banyak mengandung vitamin..apakah smuanya sama??trima kasih ..

    • bawuk Mifta |

      tipe tomat yg mengandung banyak Vitamin adalah tipe Tomat Buah yang warnanya Merah nyala atau merah Darah.
      bukan tomat sayur yg warnanya hijau atau orange, karena kandungan gizi di dalamnya lah yg membedakan berikut dgn khasiat dan kegunaanya yg berbeda. bukan berarti tomat buah seperti buah untuk cuci mulut dan tomat sayur untuk sayuran seperti sayur. :D

    • hobby |

      saya suka sekali makan tomat pakai nasi enak mamfaatnya bagus buat kesehatan kita top mantap banget…good is the best tomato…

  19. mifta hul jannah |

    apa benar tomat bz mencegah penuaan dini???????

  20. blog sehat |

    wah ternyata besar sekali manfaat tomat, trima kasih atas infonya mas

  21. fifi_lovely |

    wah…….seru banggetttt,mau dong…….

  22. Aryati |

    Diolah, Menjadi Lebih Baik…..??? Klau makanny mentah gmn? ap Khasiatnya??? yg JELAS y… Tengkyu………….. ^_^

    • tati rahayu |

      tolong kasih tahu aku gimana cara mengolahnya spy pasta tomatnya enak dan tahan lama.

  23. rohman |

    thanks infonya. . . .

  24. vennianggraini |

    info yang bagus dan sangat bermanfaat,,

  25. tati rahayu |

    terima kasih infonya….. tolong untuk yang lainnya misalnya mengkudu atau yang lain

  26. komunitas bloggers |

    bagus artikelnya, lumayan buat nambah pengetahuan,, thanks ya..

  27. Biee April |

    mksh yachhh info nya…
    coz lg bljr menyukai mkn buah tomat…
    yg td nya gk aq suka…
    ^___~

  28. Abdurrahim Yapono, Ph.D |

    Sejak saya komsumsi tomat setiap pagi dan sore dalam bentuk jus, kejang2 dan kelelahan yang saya rasakan di kedua kaki selama bertahun-tahun sehabis ngantor/bekerja, hilang. Tomat adalah buah yang banyak manfaatnya bagi kesehatan.

  29. aditya pratama |

    makasih ya setelah membaca blog mas
    sakit saya hilang

  30. surya |

    terima kasih atas infonya

    Silahkan kunjungi web kami http://repository.unand.ac.id

  31. Mas Udin |

    wow…keren… ternyata tomat banyak & seabrek kaya manfaat.. oke deh.. ntr mau ngejus tomat hehehe…

    salam
    Mas UDIN dadirejo ,JOMBANG

  32. jaya |

    wah sangat bermanfaat, thanks ya.

  33. in'am |

    klo boleh minta saran cara membuat pasta tomat.. mksh
    mgkn bisa resepnya..

  34. QMOEN |

    trims infonya

  35. berta |

    haaa menambah nafsu makan ?? padahal aku suka t0mat n g suka gendut . gmn jal ??
    semuanya manfaat t0mat bagus bagus tapii masalahnya “menambah nafsu makan”
    gmn cara mengatasinya

  36. chai |

    alhamdulillah masih jarang..hehe
    wah jadi semangat klo tau fungsinya kya gni mah buat makan pepaya…
    klo di jadiin jus khasiatnya ga berkurang kan ya?

  37. Umi |

    arikelnya buagus bgt,,,, selama ini lumayan sering saiya mengkonsumsi tomat tapi gak tahu khasiatnya,,,,kayaknya saiya bakal akan lebih sering lagi neh makan tomat,,,,tomat oh tomat,,, yummmy,,,,,

  38. fava |

    makasih infonya….jadi lebih semangat makan tomat….hoho

  39. ety asp |

    selain manfaat tomat yg mas iwan tulis ada lagi gak manfaat buah lainnya…aku minum jus tomat minus mataku agak berkurang…..lumayan sih…barang kali dari manfaat minum jus tomat asli buatan sendiri :)

  40. Gagas |

    wew berhasiat juga

  41. bertha |

    jadi pengen biasakan diri makan tomat tiap hari, banyak manfaatnya ternyata

  42. Erina |

    slama ini aku makannya mentahan, kayak makan buah.. palagi klo dicampur gula, maniiiss.. hehe

    — visit http://m.rujakasik.com

  43. internet marketing jitu |

    saya setiap hari makan tomat dari beberapa minggu ini. belum begitu keliatan sih kasiatnya. biasanya saya makan tomat langsung tanpa diolah (kalau diolah ribet) tiap malam. bangun pagi jadi lebih seger!!
    ya hitung2 juga pake diet, mengurangi makan malam.

  44. agung budidoyo |

    wah kalo gitu saya akan makan tomat setiap hari, maksih atas atikel yg sgt bermanfaat. Happy Blogging!

    • iwanudin |

      setujuww.. biar tetap bugar dan fit.. ;)

  45. katsu |

    Aku ga suka tomat. Tetapi,karena sudah membaca artikel ini aku jadi suka <3 <— aneh –"

  46. dede tria |

    mksh bgt yaaa . artikelnya ngbntu bgt bwt tugas gw hihihi

    • iwanudin |

      sama-sama … sukses yah..

  47. Riani |

    ITU SNGT BTL….2X….

    • iwanudin |

      betull.. betul.. betul…

  48. chemo |

    thank’s info nya ya

    • iwanudin |

      thanks juga sudah singgah di sini.

      sudah sering konsumsi tomat ?

  49. Arief |

    saya izin share ya Pa,untuk karya ilmiah saya,terimakasih……

    • iwanudin |

      monggo, senang sekali artikel khasiat dan manfaat tomat ini bisa membantu Anda. Sukses yaa untuk karya ilmiahnya…

  50. broeda.blogspot.com |

    mantap banget,,,apalagi tomat seger di celup ke gula,,trus di makan,,,pas cuacanya lg panas panas,,,asyyyyikkk tuh,,,sehat lg,,,,

    • iwanudin |

      hati-hati…
      jangan kbanyakan gula, broeda…

  51. helen |

    saya udah coba n alhamdulillah berhasil n hidup lebih nyaman karena pencernaan saya lancar . . . terima kasih

    • iwanudin |

      alhamdulillah…
      sama-sama bu helen ;) seneng saya anda bisa berbagi khasiat tomat seperti yang telah anda alami itu… semoga rekan yang lain bisa nyaman juga dengan tomat

  52. michag09 |

    menurut anda kira-kira khasiat dan nutrisi yang lebih baik cenderung ada di tomat biasa atau tomat cherry?

    • iwanudin |

      kalo nutrisi…? sy bukan ahlinya.
      tapi lebih suka tomat biasa.. lebih gede, murah meriah dan seger …rr..

  53. syecay |

    mampir nih bang ^^ mau nambahin info cara ngolah tomat yg praktis dan cepat ala Itali yg saya praktekkan. Kebetulan tiap hari ini menu wajib saya.

    Tomat diiris, dan tumis dalam minyak wijen. Minyaknya dikiit aja, ya. Kl ga ada minyak wijen, boleh olive oil atau minyak goreng biasa. Lalu tambahkan merica hitam (black pepper) sesuai selera. Udah gt aja, jangan terlalu masak, tar jadi lembek ga gt enak. Happy eating all….^^

    • iwanudin |

      waowww.. bisa ya seperti itu..
      makasih buat share-nya

      bai de wei eni bas wei..
      belum bisa bayangin rasanya seperti apa ya…

  54. mumuh |

    Dari kecil sy memang suka sekali mengkonsumsi tomat lgsg tanpa diolah.. Sampai org2 lain heran knp sy bisa suka sekali seperti org kecanduan.. Tanpa pernah tau sebelumnya kasiatnya.. Alhmdulillah memang sy paling jarang sakit diantara sodara2 yg lain… Thx artikelnya…

    • iwanudin |

      wuiihh mantabs share pengalamannya… makasih yah..

  55. adiyatmansyah |

    gmn kalau buat obat nyamuk pak d???????????????????????????

    • iwanudin |

      sepertinya Sampeyan udah pernah yah .. ;)

      saya belum tuh.. malah baru denger dari sampeyan..

  56. lian |

    hhhhhhhmmmmmmmmmmmm byk bgt yah manfaat tomat itu sendiri,,,udah murah khasiat na jg byk hehehehe,,, mksh yah om dah buat blog ini,, jd tau deh manfaat dan khasiat buah tomat

    • iwanudin |

      sama-sama…
      mari yuk mari.. awali hari-hari
      dengan makan tomat nan bergizi ..

      *pantun yg maksa

  57. Andrias bukalenp |

    thaks , sangat bermanfat artikelnya

    • iwanudin |

      sama-sama…
      salam kenal ya..

  58. sugianti tina |

    Saya tdk terlalu suka Tomat,tpi setelah membaca khasiat dan manfaatnya saya akan coba lbh sering memakannya.makacih

    • iwanudin |

      ;).. syukurlah..
      asyik kan makan tomat…
      bikin tambah seger..

  59. norani ichsan |

    terima kasih,,,banyak yang baru saya ketahui dari artikel ini

  60. hanny |

    hhhhmmmmm….tomat emg seger bgt klu d konsumsi,ap lg d paduin dengan wortel…wwwiiiiiihhh nyaaamiii…thank’s bgt y pak, dengan artikel bpk saya mkin nmabah ilmu…
    bgi yg g suka tomat sangat merugi bgt tuuh…
    tomat enak bgt klu d jus atw d potong2 pake gula…
    weeeehhh…bikin nambah euy :)

    • iwanudin |

      sama-sama…

      tapi.. koq pake gula.., knp..?
      kan kita dah manis..

      mengurangi ke-orisinil-an rasa dong..

  61. arfilan damasta |

    bsa buat obat jerawat jg ea…cra pemakaian nya gmna ea…?

  62. arung |

    makasih banget artikel nya
    sebetulnya saya nggak suka sama tomat…
    tapi setelah baca artikel ni saya jadi pngin makan tomat

    • iwanudin |

      baguslah… bisa mengingatkan pentingnya gizi dan vitamin dalam buah tomat.. selamat ya, udah temukan pencerahan di blog ini. he..he.. ;)

  63. nuke nurwanti |

    baguuuuuusssssssssssss…………

    • ICAN |

      apakah buah tomat bisa menembemkan pipi !!!

    • iwanudin |

      belum tahu tuh…
      belum pernah ada wacana seperti itu ;)

      makasih dah mampir di web mungil saya..
      salam kenal..

  64. supriyanto |

    terima kasih sdh berbagi ilmu melalui blog ini, saya jadi tahu manfaat buah tomat yang saya konsumsi setiap hari

    • iwanudin |

      sama-sama.. semoga fit ‘n fresh selalu dgn buah tomat

  65. muhamat bakri |

    terimakasih ya atas informasinya, saya sering mengalami keluhan dengan pencernaan, semoga dapat menambah pengetahuan saya. jazakumullohu khoir.

    • iwanudin |

      sama-sama… terimakasih udah mampir di blog sederhana ini. Alhamdulillah bisa menambah wacana Anda.. salam kenal

  66. fifit |

    assalam…
    wah, saya penggemar tomat loh .
    teman2 suka ngliatin aneh kalau bw bkal ke skolah tomat mentah ..
    hehe
    ( maaf curhat)

    • iwanudin |

      bagus tuh…. mantabss..
      semoga tetap fit selalu..

  67. vie |

    bguz bgt artikel ny……………

    : )

  68. hery |

    trimakasih artikelnya mz… sy mw ty mz.. apa tomat jg bs menyembuhkan hepatitis c???????

  69. dyan |

    Hmmmmmmmmmmmmmmmmmm,
    klw bsa tiep unt mnrunkan brt bdn za,,,,,,,,,
    mksh ats infonya q cba dech biar jrwat q brkrng,,,,,,,,,!!

  70. dinti maryanti |

    tomato…… aku suka

  71. Didiek |

    Masya Allah, artikelnya bagus…jazakumullah

    • iwanudin |

      makasih… alhamdulillah bisa bermanfaat..

  72. farisha |

    Boleh saya copy ya om,
    makasi infonya.. :)

    • iwanudin |

      iyya, monggo.. silaken..
      semoga bermanfaat.. ;)

  73. Lies Bachroedin |

    dari kecil sy suka sekali tomat, sekarang saya suka menghabiskan tomat 1 kg/hari,di juice tanpa gula,apa aman untuk tubuh?atau tidak berlebihan?

    • iwanudin |

      insyaAllah aman… yang penting tomatnya bersih dari kuman ataupun bakteri.. okay ?! ;)

  74. joyy |

    sae omm artikele sampean

    • iwanudin |

      matur nuwun… ;) sampun maem tomat dinten niki ?

  75. Lies Bachroedin |

    apa benar juice tomat harus segera di minum karena kalo di biarkan lama kandungannya bisa hilang?

  76. marina |

    seminggu ini baru nyoba makan tomat langsung…alasannya, badan lagi kaya kekurangan buah..jadi cari yang gampang aja..

    ternyata, efeknya badan jadi seger, entah ya berhubungan apa gak…aku makan tiap pagi mau berangkat kerja, dan rasanya mood jadi bagus..badan juga seger….

    • iwanudin |

      waoww… mantab sekali bu share pengalamannya..
      back to nature

      ayo kawan,
      saatnya kita segarkan badan dan mood dengan tomat …

      sudah terbukti dan teruji… ;)

  77. naya |

    good Article….
    :)

    thanks ya buat ilmu nya…
    btw buah yg bisa meningkatkan berat badan app ya???
    hem

  78. ike |

    bisa bikin kulit kencang g’?

    • iwanudin |

      aduuhh.. kurang tahu juga yah kalo ttg itu.
      coba konsulasikan ajah ama ahli gizi di daerah mbak Ike.. ;)

  79. Ruth Asima |

    Ternyata tomat kaya akan manfaat,,
    Dan menjaga kesehatan tubuh ya.
    makasih buat artikelnya!!

    • iwanudin |

      siipp.. makasih dah mampir yah..

  80. Ijuq Choi Vigaz |

    memang banyak ko manfaat dari tomat tuh…..
    pi makasih ya atas infonya…
    bisa menambah pengetahuanku tentang manfaat tomat

    • iwanudin |

      sama-sama.. semoga bermanfaat
      dan salam kenal..

  81. Ijuq Choi Vigaz |

    sama”…follow blog.q dumz…ato dikoment aja ya ga pa

  82. Adhii eddwarddo |

    Thx bgt….
    Tp Ap benar bisa ngilangin jrawat.??

    • iwanudin |

      sama-sama…
      makasih dah mampir dan nyimak khasiat tomat ;)

  83. ilmuini |

    Maksih infonya kang,semoga Semakin keren aja blognya

    • iwanudin |

      sama-sama… makasih dah mampir ya ;)

  84. Alex Irfani |

    kalau di konsumsi pagi hari, tapi belum makan bikin perut sakit gak sob ? hehee than\’x,
    coz Q skrng pngin banget mulai kebiasaaN baik seperti artikel di atas..

    • iwanudin |

      tergantung bro…
      dulu, eyang temen saya, usianya 80th, rutin maem buah-buahan tiap pagi. ada kalanya juga tomat. beliau sehat dan fresh. tapi… ada beberapa yang memiliki gangguan lambung sepertinya kurong cocok.. ente konsultasikan aja dengan ahli gizi. biar lebih manteb jawabannya. ;)

  85. saputra |

    ternyata tomat dapat mengurangi bengkak pada gusi yang sakit dengan cara menggigitnya

    • iwanudin |

      waoww.. mantabs sekali sharing pengalamannya..
      makasih bro saputra..

  86. torry |

    wahhh gk nyangka banyak manfaatnya tu tomat.klow makanya cuman kulinya gmn ya?gk sama bijinya

    • iwanudin |

      waahh.. kuli angkut maksunya ? :) he..he..he

      ada kulit, daging dan isi khan… maksudnya yg mana?
      kalo kita mah.. lalap aja semua tiada bekas..
      yang penting dicuci yg bersih.. setujuw..?

  87. torry |

    ahahahaha masak kuli angkut dimakan,emang enak,,heheheh.. yua aq sukanya cumn kulit daginya doang,, low bijinya ikut dimakan gk kuat asammm nya…

  88. tha witha |

    aku makan tomat tiap hari
    udah enak seger&banyak vitamin nya
    hehehehe

    • iwanudin |

      mantabbss..
      bisa fresh all day tuh..

      salam kenal dan makasih dah mampir yah

  89. Fadjar |

    Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat.

  90. heru |

    mmng bnr2 terbukti bgt manfaat dr buahtomat,sy jga pernh mrasakn nya…….

    • iwanudin |

      Mas Heru ‘pernah’ merasakannya … ?
      yang seperti apa mas ;) he..he

      pernah = waktu lalu, sekarang dah enggak dong…

      btw, makasih dah mampir yah
      salam kenal

  91. picklia |

    wah beruntung jg q y,krn q sukaaaaaaaaa bgt tomat,nanas,anggur & pear hehe_
    trimz info’y y.
    suksess selaluuuuuuuuu……….!!!!
    SEMANGATTTTTTTTTTTTTTT…………!!!!!!!!!!

    • iwanudin |

      Iyaa sama-sama..

      Waow… buah-buahan maniac… yaa…
      bagus tuh.. alami untuk bisa tetep freshly

      Tetap Semangat…!!

  92. astar |

    kecil buah nya besar manfaat nya itulah TOMAT, thankssss..

    • iwanudin |

      yup betul cekali..
      Tomat is one of the Best.. ;)

  93. Waldi |

    Thanks ats infonya… :)

    • iwanudin |

      sama-sama.. semoga bermanfaat baik tomatnya maupun artikelnya juga ;)

  94. Lukita Gotama |

    Thank’s atas literatur tomat. Banyak manfaat bagi saya yang kebetulan sedang mengalami masalah. Kebetulan disarankan minum jus tomat + pepaya mengkel + wortel.

    • iwanudin |

      masalah apa yah.. sedang sakit yah..
      hmm.. semoga cepat diberikan kesembuhan yah..

  95. algi |

    nice info gan…
    ty..

  96. Aldo Alfaro |

    Setiap manusia hidup harus diimbangi dengan makan buah-buahan dalam menu makan nya, terutama yang mengandung vit.c agar tubuh kita tetap segar dan vit sepanjang hari.

  97. Aldo Alfaro |

    makanan sehat akan mencerminkan pikiran yang sehat pula

  98. tirza |

    waahh thx infonya..nambah pengetahuan deh. kbtulan aku sk tomat :)

    • iwanudin |

      iyya sama-sama tirza,
      waahhh.. kalo dah suka tomat gitu, tinggal diteruskan aja yah. biar semakin fresh dan sehat. makasih dah mampir di blog saya..

  99. kido |

    walah..saya biasa makan langsung :S
    ribet klo mesti ngolah2 dlu :3

    • iwanudin |

      idem alias sama..
      tapi tergantung tomatnya sieh..
      tomat buah apa tomat sayur dulu ;)

  100. kawanlama95 |

    dari kecil aku dah sering makan tomat kadang di kasih gula.

    • iwanudin |

      dari kecil ..?!? bagus tuh..!
      tapi koq dikasih gula, bukannya dah manis tuh tomat ?

      hati-hati bung, di era spt ini diabetes jadi momok gentayangan ;)

  101. Fatih |

    matur suwn sangat buat kang Iwanudin

    • iwanudin |

      iyya.. sama-sama kang Fatih
      semoga bermanfaat, baik tomatnya maupun blognya ;)

  102. suryadi |

    terima kasih yah gan…. atas informasinya yang menarik….

    • iwanudin |

      sama-sama.. makasih juga dah mampir.
      semoga seneng juga sama tomat..

  103. milih ismail |

    terima k’sih sgt ngebantu tugas akhir Q

    • iwanudin |

      sama-sama..
      sukses untuk tugasnya.. ;)

  104. Khasiat Tanaman Obat |

    wah ternyata banyak juga yang saya temui mengenai Khasiat Buah Tomat yang harganya murah dan ekonomis ini. Trimakasih

    • iwanudin |

      makasih udah nyamperin blog saya. tapi tolong yah, lain kali nama ya lebih santun ditulis nama. jangan nyantumin kata kunci seperti itu. :D

  105. Tips Sehat |

    nice info…
    terimakasih y gan. :)

    • iwanudin |

      sama-sama..
      tapi dalam rangka ‘kesantunan’ kunjungan tamu, alangkah baiknya jika cantukan nama. bukan malah nulis kata kunci, okay..!?!?

  106. atok patrick |

    mantap neh buah, saya biasa dikuliti dulu trus disiram pake aer hangat… mantaaappp

    • iwanudin |

      waduh.. bahasanya..
      seandainya bisa ditata lagi,
      lebih enak dech kita bacanya. ;)

      tuh ada bahasan “saya biasa dikuliti…”
      terkesan gimanaaa githu.. zadizz..

      makasih dah mampir yah..

  107. Richa Yudha |

    Bgus ya ,, info na ,, minta izin COPAS ya,, hehehehe

    • iwanudin |

      monggo silahkan..
      yang penting jangan lupa cantumkan sumbernya ;)

      jangan lupa.. makan tomatnya juga :D

  108. nenden |

    ulasannya bagus dan menambah pengetahuan,bila ada waktu kunjungi juga blog saya di http://imaniar.blog.stisitelkom.ac.id/
    terimakasih :)

    • iwanudin |

      makasih… dah mampir di “tomat” ini

      btw, itu blognya bener “blog” .. ?
      bukannya malah terkesan arsip tuh..

      ditulis ulang dicantumin di blog ..
      baru boleh/bisa dibilang blog..
      jadi bukan hanya referensi..

      smoga bisa jaid masukan yang baik ;)

  109. Yusti Ari |

    malem ni lagi maem tomat..
    jadi penasaran khasiatnya,

    ****ijin share yaa, matur tengkiuu inponya yah..

    • iwanudin |

      segerrrr dong, malem maem tomat..

      dishare dimana? ;) makasih dah mampir ya

  110. PUTRY |

    WAH…BAGUS NIE JDI BSA NGRJAIN TUGAS..MKASIH YA.,,,

    • iwanudin |

      iyya sama-sama..
      makasih dah mampir dan sukses buat tugasnya

Trackbacks/Pingbacks

  1. Jus wortel-tomat-strawberry « mixedjuices - [...] lemah syahwat dan meningkatkan jumlah sperma serta menambah kegesitan gerakannya (kutipan dari http://blog.iwanudin.com/khasiat-dan-manfaat-tomat/), selain itu banyak lagi khasiat buah …
  2. Makanan Sehari-hari yang Menyehatkan « dimasadji4 - [...] http://blog.iwanudin.com/khasiat-dan-manfaat-tomat/ [...]
  3. Keyword, Statistik, Kunjungan dan Copy Paste - [...] keyword yang berhasil mendongkrak statistik kunjungan blog ini adalah artikel yang membahas tentang Khasiat dan Manfaat Tomat. Hal ini …
Misteeerius.Com DiJUAL


  » »   jawabannya ditulis ANGKA saja yaa : [wajib diisi]